Berita

Masyarakat Indonesia di Australia Peduli Korban Bencana di Tanah Air

Minggu, 18 April 2021 - 04:01
Masyarakat Indonesia di Australia Peduli Korban Bencana di Tanah Air ICC NSW memberikan donasi kepada masyarakat korban gempa di Sulawesi Barat Mamuju dan Majene, Maret 2021 (Foto: ICC NSW for TIMES Indonesia)

TIMES KEDIRI, AUSTRALIA – Bencana alam bertubi-tubi yang terjadi di Indonesia mendapat respon empati dari masyarakat Indonesia yang tinggal di New South Wales (NSW) Australia.  Itu ditunjukkan oleh Indonesian Community Council atau ICC NSW, sebuah payung organisasi masyarakat Indonesia di Sydney. 

Mereka melakukan penggalangan dana secara spontan. Respon itu telah dilakukan ICC NSW setiap kali terjadi peristiwa bencana alam di Indonesia. Hasil pengumpulan dana kali ini disumbangankan untuk korban Banjir di Kalimantan Selatan dan bencana longsor di Sumedang , Jawa Barat. 

Jika bentuk penyerahan bantuan sebelumnya dilakukan ke lokasi bencana, kali ini ICC NSW menyerahkan bantuan melalui Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat.

"Kita selalu berusaha melakukan akso peduli terhadap korban bencana yang menimpa saudara-saudara kita di Indonesia. Donasi kali ini kita sampaikan melalui Palang Merah Indonesia Pusat," jelas Julie Rondo Nuwu, Ketua ICC NSW, Sabtu (17/4/2021).

ICC NSW 02

Penyerahan donasi dari ICC NSW kepada PMI Pusat dilakukan secara virtual melalui COOM Meeting (Foto: ICC NSW for TIMES Indonesia)

Serah terima bantuan dalam bentuk cek secara simbolik dilakukan melalui virtual zoom kepada PMI yang berkantor di Jakarta pada Rabu (14/4/2021) lalu. Donasi yang telah terkumpul sebesar AUD$ 1350 tersebut diterima oleh Sekjen PMI Markas Pusat Sudirman Said. 

Penyerahan donasi dihadiri beberapa pengurus ICC yakni Presiden ICC NSW Julie Rondo Nuwu, Ketua Legeslatif Farida Bolano, Ketua Departemen Media dan Youth Taufan, Penasehat Doktor Amih Hadi, Wakil Ketua Lucy, Sekretaris Dharma Simbolon dan Anita, Ibu Andi serta beberapa pengurus lain. Sedang dari PMI, Sekjen Sudirman Said didampingi dua orang staff. 

Sebagai tanda terimakasih kepada masyarakat Indonesia di Australia, PMI memberikan sertifikat penghargaan kepada ICC NSW.  Sekjen Sudirman Said mewakili Ketua PMI Jusuf Kallla mengucapkan beribu terimakasih atas kepedulian masyarakat Indonesia di Australia kepada para korban bencana alam di Indonesia. "Bantuan saudara kita di Australia akan segera kami sampaikan kepada para korban," kata Sudirman Said. 

ICC NSW 03

PMI Pusat memberikan sertifikat penghargaan kepada ICC NSW atas kepedulian membantu korban bencana di Indonesia (Foto: ICC NSW for TIMES Indonesia)

Dalam kesempatan itu Sudirman Said juga menyampaikan informasi tentang kesibukan PMI selama ini. Antara lain sedang menyiapkan infrastruktur di daerah bencana untuk mendukung penanganan korban, percepatan distribusi logistik serta pendataan. 

Penasehat ICC Amih Hadi, menambahkan, sebelumnya dia memiliki pengalaman kerja sama dengan PMI dan baru kali ini ICC melakukan kerja sama dengan PMI. "Jangan melihat angkanya tapi ICC akan tetap berusaha membantu dalam kegiatan sosial," tambahnya. 

Sebelumnya Maret lalu ICC NSW juga telah memberikan donasi kepada masyarakat korban gempa di Sulawesi Barat Mamuju dan Majene. Wilayah tersebut juga merupakan anggota ICC dari organisasi Flobamora.  Penyerahan donasi sebesar AUD$ 4981 dipercayakan kepada Yayasan Peduli Dakwah, Makassar.

"Saya mewakili masyarakat Sulbar Mamuju dan Majene menyampaikan terimakasih kepada ICC NSW. Semoga Allah membalas kebaikan dari para muhsinin dengan sebaik-baiknya," tutur Ketua Yayasan Peduli Dakwah, Makasar Abu Muhammad Muhajir saat menerima donasi dari masyarakat Indonesia di Australia. (*)

Pewarta : Mohammad Naufal Ardiansyah
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Kediri just now

Welcome to TIMES Kediri

TIMES Kediri is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.