Berita

Indonesia Website Awards Catat Kenaikan Jumlah Nominasi Website Sebesar 61,6 Persen

Rabu, 07 April 2021 - 20:15
70.55k
Indonesia Website Awards Catat Kenaikan Jumlah Nominasi Website Sebesar 61,6 Persen Ilustrasi Indonesia Website Awards 2021 (FOTO: iwa.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Setiap tahunnya pengguna internet kian merangkak naik. Terhitung hingga Januari 2021 tercatat ada 202,6 juta lebih pengguna internet di Indonesia menurut Hootsuite. Website memang menjadi elemen fundamental di balik peningkatan penggunaan internet.

Website adalah salah satau cara untuk menunjukkan identitas diri secara digital. Baik itu secara personal maupun demi kepentungan sebuah perusahaan, bisnis, brand dan lainnya. Website dinilai dapat membangun brand awareness hingga menjangkau target audiens yang lebih luas lagi.

Menurut data dari PANDI, hingga Februari 2021 pengguna domain .id sudah menyentuh angka 500.000 pengguna. Ini menunjukkan bahwa semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya website di era serba digital dalam membentuk eksistensi online.

Data itu sejalan dengan data Exabytes Indonesia sebagai penyelenggara Indonesia Website Awards. Tercatat ada 1057 website yang terdaftar dalam Indonesia Website Awards tahun 2020. Data ini mengalami kenaikan sebesar 61,6% dibandingkan Indonesia Website Awards 2019 lalu. Website yang terdaftar mayoritas adalah website dengan domain .id.

Indonesia Website Awards merupakan ajang penghargaan website ternama yang diselenggarakan oleh Exabytes. Tak hanya di Indonesia, ajang ini juga dilaksanakan di Malaysia dan Singapura.

Adapun tujuan dihelatnya ini adalah untuk menghargai kinerja luar biasa para insan pengembang dan perancang website di Indonesia. Dalam setiap tahunnya, Exabytes membuka siapa saja yang memiliki website untuk mendaftarkan websitenya dalam Indonesia Website Awards yang dibagi dalam 3 kategori yaitu Personal, UKM (Commercial) hingga E-Commerce.

Indra Hartawan, Country Manager Exabytes Indonesia menuturkan bahwa pertumbuhan website di Indonesia kian melonjak. “Selain pertumbuhan website yang kian meningkat setiap tahunnya, terlihat antusiasme positif oleh para web developer untuk mengikuti Indonesia Website Awards. Dalam ajang ini, website dinilai oleh para juri handal dalam segi fungsionalitas, kecepatan, akses, SEO friendly, performa dan konten.”

Menurut Indra, website memiliki peran penting bagi usaha bisnis terutama setelah mengalami pandemi. Perubahan perilaku konsumen pun ikut berubah dimana banyak orang mulai mengutamakan transaksi secara online. “Banyak pebisnis mulai melihat sebuah nilai ketika membuat website karena situasi mulai bertransformasi ke transaksi belanja online hingga traffic e-commerce pun melonjak sehingga orang-orang mulai melihat hal itu sebagai nilai lebih untuk meningkatkan kesuksesan secara online.”

Dalam IWA 2020, 1057 website ini melibatkan 16 juri yang berkompeten di bidang seperti web developer, web programmer dan web designer professional. Setelah dinilai maka lahirlah website pilihan setiap bulannya yang dinobatkan Site of The Month. Terdapat 28 pemenang yang dianugerahkan Site of The Month IWA 2020 yang juga dipilih 3 website terbaik yang layak menjadi Site of The Year 2020.

Tak hanya memberikan penghargaan kepada para pemenang, IWA kali ini dibalut juga dengan Web Developer Talk 'Web Development Roadmap 2021: Keys to Successful Website For Your Business'. Webinar ini merupakan wadah para praktisi berkompeten dalam bidang IT memberikan insight dan knowledge tentang website demi mengoptimalkan website yang lebih baik lagi.

“Semoga IWA bisa melahirkan website berkualitas yang dapat menginspirasi pelaku usaha untuk memperbaharui websitenya dan secara spesifik bisa membantu perekonomian digital di Indonesia,” kata Indra.

Pewarta :
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Kediri just now

Welcome to TIMES Kediri

TIMES Kediri is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.