Berita

Jenis Buah dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh Saat Lebaran

Minggu, 16 Mei 2021 - 18:33
Jenis Buah dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh Saat Lebaran Ilustrasi - Sebuah Pisang Yang Sudah Siap Disantap (FOTO: Dokumen/Pixaboy)

TIMES KEDIRI, JAKARTA – Mengonsumsi buah apel saat menjalani puasa juga membantu menjaga berat badan. Kandungan serat, vitamin, dan mineral di dalamnya mampu menahan keinginan makan yang terlalu berlebihan.

Selain itu juga, buah adalah salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan gizi dan vitamin serta mineral yang pada umumnya sangat baik untuk dikonsumsi ketika malam di bulan puasa.

Berikut beberapa jenis buah dan manfaatnya untuk kesehatan :

1. Pisang

Dapat menurunkan resiko kanker, asma, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kesehatan jantung, melancarkan peredaran darah, membantu pencernaan pada usus, menjaga kesehatan mata, dan menormalkan fungsi jantung.

2. Mangga

Dapat mengurangi dehidrasi dan memperlancar sirkulasi darah karena mengandung vitamin A, E, dan C, bertindak sebagai disinfektan, dapat membersihkan darah, dan mengobati beragam penyakit dan gangguan kesehatan lain seperti bau badan yang tidak sedap, dan menurunkan panas tubuh saat demam. Mangga juga mampu membantu dalam proses pengobatan penyakit kulit seperti bisul, borok, dan lain sebagainya.

3. Pepaya 

Penting sekali bagi kesehatan, terutama untuk menguatkan sistem imun tubuh, karena mengandung vitamin C serta vitamin A yang diproduksi dalam tubuh untuk mencegah penyakit seperti infeksi, pilek, flu, dan meredakan demam.

Pepaya juga dapat menyehatkan tulang, baik untuk penderita diabetes, mencegah penyakit jantung, sangat baik dalam melancarkan buang air besar dan mengatasi sembelit. Selain itu dapat mempercepat penyembuhan luka, pencegahan asma, dan mengurangi berat badan.

4. Strawberry

Mengandung provitamin A, vitamin B1, B, dan C, sebagai antioksidan untuk melawan zat radikal bebas, memiliki fungsi kesehatan lainnya seperti mengobati gangguan kesehatan pada kandung kemih, menjadi anti virus, dan menjadi anti kanker.

Strawberry juga mencegah  hipertensi, alergi, asma, juga dapat mengatur gula darah, melancarkan pencernaan, dan mengatasi stroke.

5. Jeruk

Buah jeruk mengandung vitamin A, B1, B2, dan C, sangat baik baik bagi tubuh karena selain menstimulasi sistem kekebalan tubuh, juga menghilangkan sumbatan lendir di tenggorokan, rongga hidung, paru-paru, dan perut.

Berguna pula untuk membersihkan liver dan menghilangkan rasa sakit di tubuh akibat influenza. Campuran sari jeruk nipis dan madu sangat berkhasiat menyembuhkan radang tenggorokan dan amandel, mengandung anti kanker bagi tubuh, dapat mencegah dan mengobati beragam penyakit, dan gangguan kesehatan lain seperti mengobati sariawan dan menurunkan resiko terkena kardiovaskuler, kanker, dan katarak. (*)

Pewarta : Edy Junaedi Ds
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Kediri just now

Welcome to TIMES Kediri

TIMES Kediri is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.