Ekonomi

Seruput Kopi Klethik Khas Pacitan akan Menambah Sempurna Suasana

Selasa, 30 Maret 2021 - 20:47
Seruput Kopi Klethik Khas Pacitan akan Menambah Sempurna Suasana Kopi Klethik yang diolah asli dari perkebunan kopi Pacitan memiliki sensasi khas. (Foto: Kopi Klethik for TIMES Indonesia)

TIMES KEDIRI, PACITAN – Kopi yang satu ini memiliki cita rasa unik. Kopi Klethik Pacitan yang diproduksi Graha Coffee hadir menyesuaikan selera warga Pacitan, yakni menikmati kopi tubruk dengan diklethis atau nglethik. Metode ndeplok adalah cara yang digunakan untuk menghaluskan biji kopi telah aangrai. Kerena tidak diproses dengan mesin, bubuk kopi teksturnya lebih kasar dan saat diseduh akan terapung ke permukaan.

Usaha Kopi Klethik dirintis Muhammad Anggie Hardyansah bersama keluarganya sejak 2015. Selain telah memasarkan produknya secara online di marketplace, hampir semua pusat oleh-oleh di Pacitan, minimarket lokal, luar kota dan bahkan sampai keluar negeri seperti  Jepang dan Malaysia sudah dirambah.

Kopi Klethik Khas Pacitan

"Alhamdulillah hingga saat masih terus produksi meski perekonomian lesu akibat pandemi Covid-19. Kami juga terus berinovasi memproduksi kopi yang bisa diterima semua kalangan," kata Muhammad Anggi, kepada TIMES Indonesia, Selasa (30/3/2021).

Saat ini Kopi Klethik menyediakan enam varian utama di antaranya Kopi Fine Robusta (petik merah), Kopi Liberika (nangka), Kopi Robusta Jahe (klethik), Kopi Robusta Jahe (halus), Kopi Robusta Original (klethik), Kopi Robusta Original (halus).

Kopi Klethik Khas Pacitan 2

Sedangkan bahan bakunya adalah kopi asli pilihan dari Pacitan seperti Nawangan) dan Kebonagung. Sudah terdaftar dan memiliki izin edar, bersertifikat, Kopi Klethik diolah secara khusus, higienis, tanpa bahan pengawet, traditional karena disangrai di tungku.

Soal harga, Kopi Klethik dijamin terjangkau, mulai dari Rp 7.000 hingga Rp 100.000 tergantung berat dan jenisnya.  "Semoga dengan semakin banyak penikmat kopi nusantara, produksi kopi Indonesia di Pacitan semakin besar dan dikenal luas. Karena kopi Pacitan mempunyai potensi besar untuk bersaing jika dikelola dan dipasarkan secara baik," tambahnya. Hal itu dibuktikan saat Duta Kopi Pacitan Bima Dicky Permana dan Paguyuban Kopi Pacitan mendapat runner up 2020 di Jakarta. (*)

Pewarta : Rojihan
Editor : Bambang H Irwanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Kediri just now

Welcome to TIMES Kediri

TIMES Kediri is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.