Gaya Hidup

Hilangkan Bau Kaki dengan Bahan Alami Rumahan

Selasa, 06 April 2021 - 12:25
Hilangkan Bau Kaki dengan Bahan Alami Rumahan Ilustrasi kaki. (Foto: Roman Odintsov/Pexels)

TIMES KEDIRI, JAKARTABau kaki memang sangat menganggu aktifitas sehari-hari. Bahkan jika parah akan menimbulkan bau busuk meskipun kita masih menggunakan alas kaki.

Hal itu bisa terjadi karena perubahan hormon, sering berkeringat karena olahraga atau kondisi hiperhidrosis.

Tetapi jangan khawatir karena kamu bisa atasi dengan bahan alami yang ada di rumah loh. Selain terjangkau bahan alami juga meminimalisir adanya efek samping karena pemakaian bahan kimia.

Nah, berikut adalah bahan alami yang dapat menghilangkan bau kaki:

1. Lemon

Siapa sangka ternyata buah ini bisa membuat bau kaki kamu jadi hilang loh. Karena kandungan bakterial yang ada di lemon dapat membasmi bakteri penyebab bau di kaki loh.

Caranya kamu bisa peras 4 - 6 buah lemon. Lalu, kamu bisa campurkan perasan lemon dengan air hangat. Dan kamu bisa rendam kaki kamu secara rutin selama 15 menit.

2. Garam

Sudah tidak asing lagi, bahwa garam alami yaitu natrium klorida bisa membantu menghilangkan pertumbuhan bakteri dan jamur di kaki. Dan juga garam dapat menghilangkan bau yang tidak sedap.

Kamu bisa campurkan garam secukupnya ke dalam baskom berisi air hangat, lalu kamu bisa diamkan selama kurang lebih 20 menit. lakukan secara rutin dan kamu akan melihat hasilnya.

3. Kopi

Minuman ini merupakan minuman yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia. Selain dapat menghilangkan rasa kantuk ternyata kopi dapat menghilangkan bau kaki loh. Di dalam kopi terdapat kandungan antioksidan yang mampu mengangkat sel kulit mati dan menetralisir bau di kaki.

Caranya, kamu bisa siapkan 3 bahan yaitu, ampas kopi, minyak zaitun dan baskom. Campurkan ampas kopi sebanyak 30 gram dan 3 sendok minyak zaitun. Oleskan secara merata pada kaki dan diamkan kurang lebih selama 5 - 7 meni. Lalu kamu dapat membilasnya dengan air hangat. Lakukan cara ini selama 3 kali seminggu untuk terlihat hasilnya.

4. Cuka

Meskipun cuka memiliki bau yang tajam tetapi ternyata cuka dapat menghilangkan bau kaki kamu loh. Karena cuka memiliki kandungan asam yang tinggi yang berfungsi efektif membunuh kuman penyebab bau kaki.

Caranya, kamu bisa campurkan setengah gelas cuka kedalam baskom berisi air hangat. Lalu kamu dapat rendam kaki kamu selama 15 menit. Untuk hasil yang maksimal kamu dapat gunakan cara ini minimal sekali dalam seminggu.

5. Teh

Sudah tidak diragukan lagi, bahwa teh memiliki kandungan yang berkhasiat bagi kesehatan salah satunya untuk penghilang bau kaki. Teh memiliki kandungan banyak zat-zat yang berguna sebagai anti bakteri, anti-oksidan, dan anti-inflamasi yang dapat menghilangkan secara efektif bau kaki.

Caranya kamu bisa seduhkan teh dengan air hangat. Dan kamu bisa basuh atau rendam kaki kamu selama kurang lebih 5-10 menit. Kamu bisa gunakan cara ini 2 kali dalam sehari.

Itulah beberapa bahan yang mudah kamu dapatkan untuk membantu menghilangkan bau kaki. Selamat mencoba. (*)

Pewarta : Farahilah Maitsa Soraya (MG-350)
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Kediri just now

Welcome to TIMES Kediri

TIMES Kediri is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.