Gaya Hidup

Kopi Kebun, Kafe Indramayu yang Sajikan Pemandangan Hamparan Sawah

Minggu, 11 April 2021 - 11:02
Kopi Kebun, Kafe Indramayu yang Sajikan Pemandangan Hamparan Sawah Menikmati makanan sambil memandang hamparan sawah di Indramayu. (Foto: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)

TIMES KEDIRI, INDRAMAYU – Biasanya, suasana kafe hanya disuguhi pemandangan jalan raya ataupun rumah-rumah di sekitarnya. Namun, salah satu kafe Indramayu ini menyuguhkan pemandangan hamparan sawah hijau dan membuat suasana menjadi tenang.

Indramayu sendiri merupakan wilayah yang mempunyai area sawah yang cukup luas. Karena itu, tidak heran jika Indramayu menjadi salah satu lumbung padi terbesar di Indonesia. Hal tersebut akhirnya dimanfaatkan oleh anak-anak muda di Indramayu, untuk membangun sebuah tempat yang menyuguhkan pemandangan sawah.

Kopi Kebun 2

Adalah Kopi Kebun, kafe dan restoran yang menyuguhkan hidangan tradisional maupun modern sambil menikmati pemandangan sawah. Mungkin banyak yang beranggapan jika di sawah terasa panas, namun hal berbeda di sini, di mana suasananya justru adem dan sejuk.

Kopi Kebun sendiri dibangun oleh dua kakak beradik, yakni Rasky Adi Indarman (30) bersama sang adik Satrio Taufik Indarman (26) dan istrinya Thifal Islami (25). Meskipun usia masih terbilang cukup muda, namun jiwa kewirausahaan mereka sangat terpacu.

Sang kakak, Rasky menceritakan ide awal dibuatnya Kopi Kebun sangat mendadak. Saat itu, mereka sekeluarga sedang berwisata ke daerah di Jawa Timur. Di sana, mereka menemukan sebuah kafe dengan konsep unik. Akhirnya, tercetuslah ide untuk membuat kafe di kampung halaman.

"Waktu itu, saya iseng bilang kenapa nggak coba bikin kafe," ujarnya kepada TIMES Indonesia, Minggu (11/4/2021).

Akhirnya, persiapan membangun sebuah kafe dimulai. Hanya dalam waktu sebulan saja, mereka sudah siap untuk membuka kafe yakni pada 9 April 2021. Rasky menceritakan ada bangunan seperti aula milik orang tuanya di Indramayu, tepatnya di Jalan Soekarno-Hatta, Pemandangan Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu. Akhirnya, dipilihlah tempat itu untuk dijadikan kafe.

"Hanya sebulan saja sejak pulang dari Jawa Timur, kita kebut persiapan," tuturnya.

Dipilihnya nama Kopi Kebun, lanjutnya, karena tempat tersebut dulunya berupa kebun. Apalagi, meskipun sudah berdiri bangunan seperti aula untuk dijadikan kafe, kebunnya masih ada di kiri dan kanan. Dan belakangnya adalah sawah.

Kopi Kebun sendiri menggabungkan konsep kafe dan resto. Jadi, selain menyajikan menu ala kafe seperti aneka kopi juga menyajikan makanan ringan maupun berat. Makanan yang disajikan masih sebatas makanan yang umum ditemukan di banyak tempat makan. Namun, tidak menutup kemungkinan jika akan ada menu tambahan yang bernuansa masakan tradisional.

Ia mengaku, persiapannya dikebut karena ingin agar kafe bisa beroperasi sebelum bulan puasa. Karena, momen buka bersama itu sangat penting bagi para pemilik kafe maupun resto, lantaran akan banyak dikunjungi orang-orang.

Alasan lain dipilihnya tempat tersebut, lanjut Rasky, karena banyak link dan kerabat di Indramayu. Apalagi, dia juga sudah membuka usaha di Indramayu. Selain itu, tempatnya yang tenang, sehingga sangat cocok bagi yang ingin ketenangan sambil memandang hamparan sawah.

Menurut Rasky, meskipun tempat yang dipilih cukup sepi dari keramaian, namun berada di jalur strategis Cirebon-Indramayu. Apalagi, nanti akan ada perkembangan pembangunan di sekitar jalan Soekarno-Hatta.

"Nanti jalan ini akan rame, jadi kita sengaja pilih di lokasi ini. Selain karena bangunannya milik orang tua, juga suasananya tenang," jelasnya.

Karena persiapannya yang sangat mendadak dan singkat, lanjut Rasky, dia dan adik-adiknya masih butuh beberapa penyempurnaan dan perbaikan, demi menunjang tempat makan yang lebih baik, seperti dekorasi, plang, penambahan menu, serta beberapa hal lainnya.

"Kita sambil berjalan saja, kalau nggak mulai duluan, nggak bakal tau apa saja yang kurang," ujarnya tentang Kopi Kebun.

Pewarta : Selamet Hidayat (MG-417)
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Kediri just now

Welcome to TIMES Kediri

TIMES Kediri is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.