Gaya Hidup

Ternak Tokek Hias, Ibu Muda di Gresik Raup Jutaan Rupiah Sebulan

Senin, 05 April 2021 - 16:12
Ternak Tokek Hias, Ibu Muda di Gresik Raup Jutaan Rupiah Sebulan Wulan saat memamerkan tokek hias yang dijualnya (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMES KEDIRI, GRESIK – Beternak reptil berupa tokek hias atau yang biasa dikenal dengan gecko, seorang ibu muda asal Kabupaten Gresik Jawa Timur, Wulan Yunita Rahmawati meraup jutaan rupiah perbulan. Bahkan, permintaan saat pandemi ini naik.

Awalnya, ibu satu anak ini hobi merawat dan berternak tokek hias tanah. Alasannya, selain mudah perawatan, reptil jenis ini juga berwarna-warni serta berbagai macam corak.

tokek hias 2

"Saya awalnya suka dengan hewan Gecko yang lantaran hewan lucu dan mempunyai karakter serta memiliki aneka warna," kata Wulan, Senin (5/4/2021).

Awalnya dikatakan oleh Wulan, ia beternak 50 ekor. Untuk membudidayakan ini juga sangat mudah. Bahkan, aman untuk anak-anak sehingga bisa menjadi alternatif bermain anak di rumah.

"Memang pertama kami membeli sepasang dan karena bentuknya bagus dan menarik dan akhirnya di ternak. Dan sekarang sudah ada 50 an ekor reptil tersebut,"terang dia.

Dikatakan oleh Wulan, dari hobinya beternak hewan reptil, dia bisa meraup penghasilan jutaan rupiah. Untuk penjualan, ia juga sering memanfaatkan media sosial serta dijual ke sesama pengkoleksi.

Perempuan yang tinggal di Kelurahan Indro Kecamatan Kebomas ini mengaku, ada puluhan hewan reptil yang dijual dengan jenis leopard gecko, tremper albino, leopard bell albino, leopard rainwater albino, patternless, hybino dan line bred snow.

"Kami selama pandemi bisa mencukupi kebutuhan keluarga dengan menjual hewan reptil ini kepada para penghobi. Untuk harga tergantung dengan jenis, corak warna, ukuran, dan usia," tambah dia.

tokek hias 3

Sementara dari pembeli reptil Irmanda menyatakan, hewan yang punya nama latin Eublepharis Macularius ini sangat bagus untuk dijadikan peliharaan di rumah.

Apalagi dikatakan Irmanda, reptil tokek hias ini perawatannya sangat mudah serta harganya terjangkau. "Selain itu bisa menjadi koleksi, saya pilih motif yang unik," terang pembeli tokek yang dipiara ibu muda di Kabupaten Gresik ini. (*)

Pewarta : Akmalul Azmi
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Kediri just now

Welcome to TIMES Kediri

TIMES Kediri is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.