Pendidikan

PPI Dunia dan Kiprahnya Selama Pandemi

Kamis, 08 April 2021 - 21:38
70.01k
PPI Dunia dan Kiprahnya Selama Pandemi Video Conference PPI Dunia bersama TIMES Indonesia, Selasa (6/4/2021). (Foto: Tangkapan Layar)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Perhimpunan Pelajar Indonesia Se-Dunia atau lebih dikenal sebagai PPI Dunia sudah tak asing lagi dikalangan intelek dan pemuda harapan bangsa. Terutama bagi mereka yang sedang atau pernah menempuh pendidikan di luar negeri.

Kiprahnya pun tak tanggung-tanggung, melalui otak-otak cerdas semua anggotanya, organisasi inipun tetap memberikan sumbangsih mereka meskipun dalam masa pandemi. Organisasi ini kerap mengadakan seminar online yang membahas tentang isu-isu terkini.

Sebut saja seminar-seminar ketahanan negara dan informasi dengan menghadirkan pembicara dari pemerintahan. Atau, program online One Day Trip yang bertujuan membantu pariwisata dunia serta menghapus kebosanan para pelajar dunia yang terkurung di kamar masing-masing.

PPI-Dunia-2.jpgLogo PPI Dunia. (FOTO: PPI Dunia for TIMES Indonesia)

Mereka juga kerap mengadakan kompetisi internasional terbuka yang bisa diikuti oleh semua mahasiswa Indonesia yang berkuliah di luat negeri. Kompetisi menulis karya ilmiah dan narasi contohnya. Hal ini bertujuan untuk mengasah kemampuan para mahasiswa meskipun mereka harus belajar secara daring.

Organisasi yang diresmikan pada 2010 di London, UK ini mengemas seminar-seminar dan program mereka dengan cara yang menarik. Mereka menyiarkannya secara live lewat Instagram sehingga mampu dijangkau oleh setiap pelajar Indonesia di seluruh dunia secara langsung.

Organisasi ini bertujuan mewujudkan adanya sebuah komunitas ilmiah yang bertanggungjawab secara moral dan intelektual kepada bangsa dan negara dalam menghadapi tantangan domestik dan global. Dalam prakteknya organisasi ini menjadi jembatan dan angin segar tersendiri bagi para mahasiswa yang menuntut pendidikan di luar negeri.

Organisasi ini diikuti oleh sekitar 28 negara. PPI Amerika Serikat, PPI Austria, PPI Azerbaijan, PPI Belanda, PPI Belgia, PPI Ceko, PPI Denmark, PPI Estonia, PPI Finlandia, PPI Hongaria, PPI Italia, PPI Irlandia, PPI Islandia, PPI Jerman, Permika (Kanada), PPI Kuba merupakan beberapa negara yang ikut didalamnya.

Sementara itu PPI Norway, PPI Portugal, PPI Polandia, PPI Prancis, Permira (Rusia), PPI Spanyol, PPI Swedia, PPI Swiss, KERIS (Serbia), PPI Turki, PPI Rumania dan PPI UK (Inggris) juga turut menjadi anggota PPI Dunia.

Sebagai infomasi saat ini PPI Dunia diketuai oleh Choirul Anam, mahasiswa PhD of Public Policy di Charles University di Paraguai, Republik Ceko. Pria kelahiran Bangkalan Madura ini menjadi ketua ke X PPI Dunia setelah sebelumnya dijabat oleh Fadlan Muzakki dari PPI Cina.

Sementara itu, PPI Dunia bekerja sama dengan TIMES Indonesia juga sudah mempersiapkan program-program menarik di bulan Ramandan. Belum dirilis program-program apa yang akan mereka bawakan, namun di laman Instagramnya, mereka memberikan sedikit bocoran. Salah satunya program "Nuansa Ramadhan, Petik Keberkahan".

"Kami berharap kerjasama ini bisa membantu memperkuat visi PPI Dunia untuk membangun Indonesia," ungkap Choirul Anam, Koordinator PPI Dunia saat menghadiri video conference bersama TIMES Indonesia, Selasa (6/4/2021).

Pewarta : Khodijah Siti
Editor : Khodijah Siti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Kediri just now

Welcome to TIMES Kediri

TIMES Kediri is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.