Wisata

Mengintip Serunya Atraksi Festival Harmoni Lombok Barat 2021 di The Jayakarta Resort 

Minggu, 11 April 2021 - 15:03
Mengintip Serunya Atraksi Festival Harmoni Lombok Barat 2021 di The Jayakarta Resort  Tari Api atau Fire Dance yang tampil memukau di rangkaian Festival Harmoni Lombok Barat 2021. (FOTO: Dispar Lombok Barat)

TIMES KEDIRI, LOMBOK BARAT – Pandemi Covid-19 rupanya tidak membuat kegiatan seni dan kebudayaan di daerah meredup. Terbukti Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat (Dispar Lombok Barat) sukses menggelar rangkaian Festival Harmoni Lombok Barat 2021 di The Jayakarta Resort, pada Sabtu (10/4/2021) malam.

Selain menampilkan tarian tradisional, kegiatan wisata itu juga diisi oleh atraksi tarian modern dengan melibatkan puluhan seniman tari yang ada di Kabupaten Lombok Barat, Provinsi NTB.

Festival Harmoni Lombok Barat 2021 2

Penyelenggara kegiatan Festival Harmoni Lombok Barat 2021 ini juga menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat. Untuk mencegah kerumunan, kegiatan offline dibatasi dan beralih ke kegiatan yang berbasis online atau live streaming melalui kanal Youtube Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat.

Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat, H Saiful Ahlam mengatakan, sajian atraksi Harmoni Lombok Barat merupakan bagian dari rangkaian Calender of Event (CoE) Lombok Barat 2021. Meski berskala kecil, setidaknya kegiatan ini menegaskan bahwa denyut pariwisata daerah Lombok Barati masih bergerak.

"Gelaran kali ini akan menampilkan bakat-bakat anak muda dalam seni tari. Ini juga merupakan rangkaian event penutup Harmoni Lombok Barat," kata Akhkam.

Kegiatan Festival Harmoni Lombok Barat di The Jayakarta Resort ini dibuka dengan penampilan Broadway Dance. Sajian tari modern ini merupakan tarian musikal dengan permainan ritme dalam setiap gerak.

Usai sajian gerak tari Broadway Dance, dilanjutkan dengan Tari Batek Baris. Tarian ini merupakan tari baris-berbaris yang meniru gerakan tentara kolonial tempo dulu dalam latihan kemiliteran yang diberikan dalam Bahasa Belanda, namun diucapkan ke dalam Bahasa Sasak.

Festival Harmoni Lombok Barat 2021 3

Tari Batek Baris ini biasanya dipentaskan dalam arak-arakan mendhak, yaitu prosesi adat Perang Topat di Pura Lingsar, Lombok Barat.

Kemeriahan Festival Harmoni Lombok semakin terasa ketika dipentaskan Tari Egrang Tambok. Tarian ini  diangkat dari permainan tradisional anak-anak di Pulau Lombok yang menggunakan batok kelapa sebagai properti pementasan.

Masih dalam rangkaian Harmoni Lombok Barat, sajian Street Dance atau Tarian Jalanan  berhasil tampil memukau. Tarian ini diperagakan oleh sekelompok penari modern yang bebas bergerak di ruang terbuka. Atraksi tari ini merupakan persembahan sanggar tari Martapura Tample.

Sebagai aktraksi pamungkas gelaran Festival Harmoni Lombok Barat 2021 di The Jayakarta Resort, yakni Tari Api atau Fire Dance. Tarian ini juga tampil memukau dengan mengandalkan properti api yang dimainkan para penarinya. (*)

Pewarta : Anugrah Dany Septono
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Kediri just now

Welcome to TIMES Kediri

TIMES Kediri is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.