Wisata

Pernik Sejarah di Balik Keindahan Wisata Alam Istana Batu Korsih Majalengka

Sabtu, 03 April 2021 - 11:12
Pernik Sejarah di Balik Keindahan Wisata Alam Istana Batu Korsih Majalengka Lokasi wisata alam Istana Batu Korsih Kabupaten Majalengka. (Foto: dok Istana Batu Korsih for TIMES Indonesia)

TIMES KEDIRI, MAJALENGKAKabupaten Majalengka saat ini menjadi salah satu tujuan wisata yang populer. Karena, kota yang terletak di ujung timur Jawa Barat ini ternyata menyimpan sejuta pesona yang luar biasa indahnya. Salah satunya objek Wisata Alam Istana Batu Korsih.

Wisata Alam Istana Batu Korsih yang terletak di Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka ini tak hanya eksotis, namun ternyata juga memiliki sejarah legenda kerajaan Prabu Siliwangi.

Istana Batu Korsih 2

Bahkan, di balik keindahan yang disajikan, siapa sangka tempat tersebut menyimpan 24 batu bersejarah yang merupakan pesanggrahan terakhir Prabu Siliwangi.

Jika wisatawan berkunjung ke objek Wisata Alam Istana Batu Korsih tersebut, selain akan disuguhkan keindahan alam yang cantik berpadu dengan suara aliran air yang tenang, juga akan disuguhkan 24 batu peninggalan sejarah kerajaan Pajajaran.

Menurut sang penggagas, Bambang Surya Atmaja, objek Wisata Alam Istana Batu Korsih ini berada di perbatasan antara Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh dengan Desa Bantar Agung, Kecamatan Sindangwangi, Majalengka tersebut.

Di sini juga terdapat situs batu kursi yang sangat unik. Karena, terdapat beberapa bebatuan bentukan alam yang menyerupai berbagai hewan yang ada dimuka bumi ini.

Istana Batu Korsih 3

"Bahkan, salah seorang sejarawan sunda menyebutkan, bahwa situs batu kursi yang saat ini dijadikan objek Wisata Alam Istana Batu Korsih, konon dulunya diperkirakan sebuah mandala atau kebuyutan. Artinya tempat yang disucikan," jelas Bambang kepada TIMES Indonesia, Sabtu (3/4/2021).

Berikut 24 Nama - nama Batu Bersejarah yang Ada di objek Wisata Alam Istana Batu Korsih:

  1. Batu Korsih Raja
  2. Batu Korsih Ratu
  3. Batu Korsih Panglima
  4. Batu Pangsujudan
  5. Batu Peresmian
  6. Batu Leuit
  7. Sumur Kejayaan
  8. Walungan Buana Panca Tengah
  9. Batu Payung / Pinayungan
  10. Batu Gajah
  11. Batu Lawang
  12. Batu Badak
  13. Pancuran Mustika Ratu
  14. Batu Putri Duyung
  15. Gua Garba Iman
  16. Taman Kaputren
  17. Payung Agung
  18. Bale Paseban
  19. Batu Mahkota
  20. Batu Korsih Nyi Randa Keli
  21. Batu Bangkong
  22. Batu Kuya
  23. Curug Kahuripan
  24. Batu Naga

Bambang menambahkan, bahwa pencetus Wisata Alam Istana Batu Korsih, oleh Sukyadi dan peletakan batu pertama sendiri pada tanggal 2 Februari 2020 dan diresmikan sekitar tanggal 31 Juli 2020.

"Namun, dalam perjalanan, kami selaku pengelola Istana Batu Korsih kedatangan tamu salah seorang penulis sejarah asal Ciamis, yakni Pak Toni. Bahkan, ia juga menyakini kalau di lokasi Wisata Alam Istana Batu Korsih ini, konon dulunya adalah tempat singgah terakhirnya Prabu Siliwangi," ungkapnya.

Pemuda pelopor tingkat Nasional bidang pengelolaan SDA ini menjelaskan, bahwa di sini juga terdapat persinggahan terakhir raja Pajajaran semasa melakukan pengembaraan. Bahkan, kini masih juga tertata rapi. Tak hanya itu saja, selain terdapat 24 batu peninggalan sejarah kerajaan Pajajaran.

Berbagai bebatuan yang ukurannya cukup besar masih dibiarkan seperti awalnya dulu berada. Di lokasi wisata ini juga terdapat sungai kecil dengan airnya yang bening mengapit kedua sisi persinggahan tersebut.

"Sehingga ini menjadikan aroma keindahan dan kesejukan saat kita berada di sana. Apalagi, ratusan jenis burung akan menyambut kita dengan kicaunya yang merdu," ucapnya.

Sementara pemandangan alam lainnya, kata dia, berupa areal persawahan yang membentang dan hutan kecil yang rimbun serta disekitarnya juga dihiasi tebing tanah merah yang basah.

"Sehingga ini semakin menambah suasana ketenangan jiwa saat kita berada di lokasi Wisata Alam Istana Batu Korsih di Kabupaten Majalengka. Terlebih, di tempat wisata alam ini juga terdapat plus spot foto yang Instagrammable," jelasnya. (*)

Pewarta : Jaja Sumarja
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Kediri just now

Welcome to TIMES Kediri

TIMES Kediri is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.