https://kediri.times.co.id/
Berita

Jaring Atlet Baru, KONI Kabupaten Kediri Siapkan Pencak Dor Piala Bupati

Rabu, 27 Maret 2024 - 22:05
Jaring Atlet Baru, KONI Kabupaten Kediri Siapkan Pencak Dor Piala Bupati Logo KONI Kabupaten Kediri (FOTO: Yobby/TIMES Indonesia)

TIMES KEDIRI, KEDIRI – Olahraga pencak dor, yang merupakan beladiri khas Kediri, telah melahirkan banyak atlet penuh prestasi. Petarung UFC Jeka Saragih, petarung One Championship Oscar Yaqut, serta juara dunia tinju WBC Maxi Nahak adalah beberapa nama atlet asal Indonesia yang memiliki latar belakang pencak dor. 

Untuk melestarikan sekaligus menjaring atlet-atlet baru di sektor beladiri, KONI Kabupaten Kediri akhir April nanti akan menggelar festival Pencak Dor Piala Bupati Kediri 2024.

"Selain melestarikan budaya, masih ada banyak atlet yang belum tergabung dalam cabang olahraga, bisa kita rekrut sekaligus untuk prestasinya, " ujar Ketua KONI Kabupaten Kediri Dedi Kurniawan, Rabu (27/03/2024). 

Festival Pencak Dor akan mengusung konsep penyelenggaraan yang tradisional. "Kita ingin melestarikan tradisi itu, tanpa menghilangkan prestasinya," ujarnya lagi. 

Untuk lokasi penyelenggaraan sendiri mengambil tempat di desa Duwet, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri yang sebelumnya sudah pernah melangsungkan perhelatan serupa. 

Untuk meminimalisir kemungkinan gesekan, nantinya KONI Kabupaten Kediri akan mengumpulkan elemen perguruan dan cabang olahraga beladiri yang terlibat. "Kita satukan visi, bahwa perhelatan ini adalah untuk menggali prestasi. Kita akan minimalisir gesekan dengan kesepakatan bersama," tambahnya. 

Turnamen ini selain terbuka untuk umum, juga akan mempertandingkan kelas khusus untuk usia Porprov. Hal itu sebagai persiapan menjelang Porprov Jatim 2025. 

Untuk kelas usia  Porprov, akan melibatkan tim penilai atau juri dari 14 cabang olahraga beladiri dibawah naungan KONI Kabupaten Kediri. 

Peserta kelas usia Porprov dibatasi sesuai dengan regulasi usia yang diperbolehkan untuk berlaga di Porprov. "Ada poin-poin yang akan dihitung. Seperti dari tendangan atau pukulan yang masuk," tutur Dedi lagi. 

Selain pencak dor, KONI Kabupaten Kediri juga akan melangsungkan turnamen sepakbola dan bola basket untuk menjaring bibit-bibit atlet potensial yang dipersiapkan untuk Porprov 2025 nanti. 

Dalam setiap perhelatan Porprov Jatim, raihan medali kontingen Kabupaten Kediri terus meningkat. Di Porprov Jatim 2022  kontingen Kabupaten Kediri membawa pulang  9 medali emas, 12 perak dan 30 perunggu. Jumlah itu bertambah setahun kemudian. Di Porprov Jatim 2023, kontingen Kabupaten Kediri duduk di klasemen 12 dengan 16 medali emas, 20 perak dan 31 perunggu. (*) 
 

Pewarta : Yobby Lonard Antama Putra
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Kediri just now

Welcome to TIMES Kediri

TIMES Kediri is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.